Rabu, 04 Januari 2012

tips merawat mobil

Tips Merawat Mobil, Paktis dan Sederhana
Sudah bukan rahasia lagi, kalau sebagian pemilik kendaraan hanya bisa mengendarainya saja tapi tak memahami cara-cara merawat kendaraan, baik mobil atau motor dengan benar. Nah, berikut ini ada beberapa tips dasar yang mudah dipelajari dan dipraktekan untuk merawat mobil kesayangan Anda. Tips ini bersifat praktis dan sederhana, selamat mencoba.
1. Ganti ban mobil Anda setiap 5 ribu sampai 8 ribu kilometer. Dan jangan lupa bersihkan brake dust-nya yang sering kotor karena aspal atau tanah. Cek tekanan ban secara berkala, minimalnya seminggu sekali.
2. Bahan Bakar beroktan tinggi belum tentu menjamin mesin jadi bertenaga. Karenanya, gunakan bahan bakar sesuai karakter atau tipe mobil Anda.
3. Bagian elektrikal, bila Anda ingin memperbaiki sesuatu yang berhubungan dengan system elektrik – putuskan dulu aliran listrik dari aki. Kemudian, bersihkan juga bagian aki dan penutupnya karena di sinilah sering berada kotoran-kotoran seperti debu dan batu-batu kecil yang bisa merusak system elektrik mobil Anda.
4. Lampu adalah bagian penting dari sebuah mobil. Karena itu lampu wajib diperhatikan dengan sangat baik. Bagian lampu sen misalnya, bila sudah berkedip lebih cepat dari biasanya, segera ganti, karena itu artinya ada lampu yang pecah di dalam. Bila ingin mengganti sendiri, jangan sentuh bagian kaca lampu. Tangan Anda akan menyisakan minyak dan lemak yang dapat bereaksi dengan halogen yang ada di bohlam. Akibatnya, bohlam bisa pecah ketika dinyalakan.
5. Meski sederhana, warning lightsi yang ada di bagian dashboard harus terawatt. Lampu-lampu seperti indicator besin, aki, speedometer, dan lain-lain sangat berguna bagi pengemudi. Jadi harus dipastikan semuanya berfungsi dengan baik.

1 komentar:

  1. Salam kenal.
    Artikel yang bagus gan, mohon ijin nyedot untuk referensi saya

    kunjungi balik ke blog saya ya gan
    carandcaretips.blogspot.com

    BalasHapus